Type something and hit enter

author photo
By On
Jenis-jenis makanan yang bersifat asam dan basa. Salah satu cara menggolongkan jenis-jenis makanan yang baik bagi tubuh adalah dengan berdasar pada tingkat keasaman dan kebasaan yang terkandung di dalam makanan tersebut. Semakin tinggi tingkat keasaman pada makanan, maka proses untuk mencerna akan semakin berat. Sebaliknya semakin tinggi tingkat kebasaan yang terkandung di dalam makanan, maka proses pencernaan akan semakin ringan. Yang perlu kita pahami bahwa penggolongan makanan ke dalam kategori asam dan basa bukan berdasar pada pada rasa dari makanan tersebut. Sebagai contoh air jeruk nipis memiliki rasa yang asam di lidah namun memiliki sifat basa bagi tubuh karena di dalam proses pencernaannya tidak mebutuhkan cairan asam lambung.

Beberapa contoh jenis makanan yang bersifat asam dan basa

Makanan yang kita makan nantinya akan dicerna di dalam dua saluran pencernaan. Pertama makanan masuk ke dalam lambung. Di dalam lambung terdapat cairan asam hidroklorida (HCL) yang berfungsi untuk memproses makanan terlebih jika kandungan utama dari makanan tersebut sifatnya asam. Semakin tinggi kandungan asam pada makanan maka akan membutuhkan cairan asam chlorida yang banyak, itu artinya lambung akan bekerja extra, mencerna dan menghasilkan cairah asam hidroklorida. Dari lambung makanan akan menuju usus 12 jari. Di dalam usus 12 jari ini cairan bersifat basa yang dihasilkan hati, pankreas, dan limfe akan menyelesaikan proses pencernaan dan membantu menetralisir cairan dari lambung yang sifatnya asam.

Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa makanan yang sebagian besar proses pencernaannya terjadi di dalam lambung disebut makanan yang bersifat asam, sedangkan makanan yang proses pencernaanya di dalam usus 12 jari disebut makanan yang bersifat basa. Perbandingan ideal untuk makanan yang bersifat asam dan basa adalah 80/20. 80% untuk makanan yang bersifat basa dan 20% untuk makanan yang bersifat asam.

Beberapa Contoh Jenis Makanan Yang Bersifat Asam dan Basa


BasaAsam
Air putihTelur
Air jeruk nipisDaging
Air kelapaIkan
Teh herbalMakanan Laut
MaduUnggas
Jus buah-buahanGorengan
Jus sayur-sayuranBiji-bijian yang diputihkan (beras putih, roti putih/terigu, mie putih)
BuahMakanan olahan
Sayuran berwarna hijau dan kuning yang tidak mengandung zat tepung/patiGula putih, Teh, dan Kopi
Sayuran berumbi (wortel, lobak cina, bit, dan singkong)Minuman berkarbonasi
Advertisement

Anda ingin membagikan sesuatu? Silahkan tinggalkan komentar Anda melalui kotak komentar di bawah ini.

Click to comment